Pages

Saturday 23 March 2013

Komputer Tidak Tampil Ke Layar Monitor




Kemungkinan besar Anda pernah mengalami komputer dalam keadaan menyala tapi tidak ada tampilan apapun di layar monitor. Komputer yang jarang dibersihkan memiliki tingkat debu yang tinggi. Debu-debu yang menebal membuat tertutupnya jalur-jalur pada PCB VGA dan RAM dan jalur-jalur lain. Yang dapat menimbulnya komputer menjadi bekerja tidak seperti biasanya. System menjadi Hang, dan Tidak ada penampakan pada layar monitor bahkan lebih parahnya dapat merusak Motherboard. Disini akan saya jelaskan sedikit lebih rinci, misalnya;

1. Memory
Pemasangan memory yang kurang rapat, kotor karena debu, error atau rusak dapat menjadi penyebab komputer tidak tampil ke layar monitor.

2. VGA Card error, kotor atau rusak.

3. Power supply
Power Supply yang tidak stabil bisa mengakibatkan komputer tidak tampil ke monitor, hal ini biasanya di sebabkan seringnya terjadi lonjakan arus atau seringnya terjadi pemadaman listrik.

4. Baterai cmos
Baterai cmos yang sudah habis, error tidak dapat menyimpan setting bios atau terjadi over clocking dapat menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor.

5. Motherboard
Motherboard error bisa menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor. Lihatlah kondisi maotherboarnya, apakah ada kapasitor yang menggelembung atau plat pendingin Transistor berubah warna. Jika hal itu yang terjadi Anda harus membawa kepusat service vendor motherboard tersebut.

6. Prosessor error atau rusak.



Berikut langkah-langkah mengatasi permasalahan yang saya sebutkan diatas;
Siapkan dulu alat perangnya...
  1. Kuas Halus
  2. Penghapus pensil
  3. Obeng
  4. Cairan IPA (beli di toko bahan KIMIA)
  • Cabut RAM dan VGA, gosok bagian sisi RAM serta VGA yang ditancapkan ke slotnya itu dengan karet penghapus pensil, bersihkan slot RAM dan VGA dengan kuas. Setelah itu pasang kembali, pastikan pemasangan RAM atau VGA sudah tepat dan cobalah hidupkan komp-nya . Lihat gambar  
Contoh membersihkan RAM dan VGA
Dengan cara membersihkan RAM dan VGA, namun komputer tetap tidak tampil ke monitor, bearti Anda harus melakukan langkah berikutnya,
  • Cabut/lepas jumper bios yang ada dekat baterai. Disitu terdapat 3 Pin dan selalu tersisa 1 pin apabila jumper terpasang, pindahkan jumper kesebelahnya sehingga posisi 1pin yang tersisa berubah dari semula. Biarkan beberapa detik, kira-kira 15 detik lalu pasang kembali jumper ke tempat semula dan nyalakan komputer Anda.
Jumper

Biasanya setelah Reset Bios melalui Jumper ini dan komputer dapat tampil ke monitor maka Bios akan meminta Anda untuk mensetting ulang Tanggal/Bulan/Tahun dan Jam/Waktu. Kalau dengan cara ini komputer belum tampil kemonitor, lakukan langkah berikutnya,
  • Cabut Baterai CMOS dan bersihkan, lihat dan pastikan Baterai CMOS dalam keadaan baik. Namun apabila Anda kurang yakin, silahkan ganti dengan Baterai CMOS yang baru lalu nyalakan kembali komputernya.
Baterai CMOS

  • Untuk membersihkan debu diprocessor, coba bongkar Heatsink processor dengan cara menekan memutar kunci yang berada disebelah heatsink tersebut lalu angkat. (untuk heatsink yang menggunakan mur-baut sebagai pengunci,  anda perlu membongkar motherboard dari cassingnya).  Setelah Heatsink diangkat, bersihkan headsink dengan menggunakan kuas atau kompresor. Selanjutnya Anda cabut Processornya dengan hati-hati lalu bersihkan socket processornya dan pasang kembali processor serta headsink-nya lalu nyalakan komputernya. Pastikan kipas heatsing masih dalam keadaan bagus/stabil, karena kipas processor yang tidak bagus akan mengakibatkan komputer hang, blue screen atau restart sendiri.
Contoh membongkar Heatsink
Contoh Jenis-jenis Heatsink
Apabila dengan langkah-langkah diatas komputer tetap tidak muncul dimonitor, maka kemungkin besar ada kerusakan di motherboard, cobalah dengan alat pengecek mobo seperti PC ANALYZER. mungkin bisa membantu.

Dan saran saya, Anda harus memahami arti bunyi "BEEP" dimotherboard.
Disetiap mobo disertakan speaker kecil yg berguna untuk mendeteksi permasalahan dengan kode bunyi "BEEP". Berikut  arti bunyi "BEEP" pada komputer Anda:

  • Bunyi "beep" panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada perangkat keras Motherboard atau Memory anda, coba cek ulang apakah kedua perangkat tersebut masih bisa berfungsi/terpasang dengan baik atau tidak.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.
  • Bunyi "beep" panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard, coba cek keyboard anda, atau coba kencangkan sambungan kabel dari keyboard yang biasanya terpasang ke port serial, PS2, ataupun usb.
PS2 Keyboard
  • Bunyi "beep" panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.
ROM BIOS
  • Bunyi "beep" panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.
  • Bunyi "beep" pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).

Power Supply
Ada juga beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi "beep" beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas). Telitilah satu persatu agar lebih mudah mengetahui permasalahan pada CPU Anda.  
Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan semua dan komputer tidak mau tampil kemonitor, bearti Anda harus membuka DOMPET lalu membeli Motherboard yang baru.

NB: Untuk menghindari hal-hal diatas terjadi, maka bersihkan mothetboard Anda secara rutin minimal 3 bulan sekali dengan menggunakan kompresor atau kuas.

"Semoga membantu"

37 comments:

Frame Foto said...

di Monitor saya tidak keluar gambar sama sekali dan pada CPU ada keluar bunyi, apa penyebabnya ya ??

Unknown said...

to Frame Foto: Coba Anda bersihkan secara bertahap Slot RAM berikut RAM-nya dan VGA Card-nya menggunakan kuas dan penghapus

Anonymous said...

Hang.. Dimatiin Dinyalain lgi sempet msk windows tpi lngsng hang lgi.. Dinyalain lgi monitor ga tampil apa..
Di cpu ada bunyi di dvdrom klu kabel yg dr PSU di cabut bunyi'nya hilng.. Tpi tetap tak mau tampil apa2..??
Apa'nya ya....??????

Unknown said...

to Anonim:
2 pertanyaan ini dalam satu Komputer atau beda Komputer?
" Intinya begini Gan, sudah masuk windows tapi hang. ini biasanya OS-nya sudah corrup atau hardisk badsector. Kalu tidak tampil dimonitor itu biasanya karena hardware CPU kotor atau banyak debu.itu sudah ketahuan dari DVDRoom yg berbunyi. Coba Anda bersihkan Mainboard dengan kompresor atau kuas.

Anonymous said...

Trims ya, akhirnya monitorku tampil lagi, setelah berbulan2 gelap. Ternyata caranya simple sekali ya, membersihkan kartu memori dgn karet penghapus. Sebelumnya sy membersihkannya dg tissu, tapi ga ngaruh.
Thanks a lot.

Anonymous said...

di monitor tampil no signal detection, ramnya udah di bersihin tapi masih seperti semula. o ia sebelumnya udah pernah diserpis dengan permasalahan yang sama tapi dalam tempo dua bulan kembali seperti semula, apa solusinya

Anonymous said...

pagi mas,mau tanya nih kenapa yh komputer saya gak mau trus hidup ,padahal sudah di bersihkan dan (copot-dipasang)kembali.
tolong bantuannya
terima kasih

Anonymous said...

tolong bntuannya, saya memiliki VGA yg ada kipas, merek AMD Radeon HD 5500, sudah ampir 1 tahun saya pakai, tp beberapa bulan lalu, sudah tdk nampil lg d layar, sedangkan kipas VGA'nya masih berputar, sudah berkali2 saya bersihkan, dan saya buka kipasnya dan saya jg tlah mengganti pastanya, tp tetap jg blum nampil d layar, tp VGAnya dalam keadaan hidup/berputar..
mohon info'a pleasee...
saya sertakan no hp n pin BB apabila ada yg beniat membntu saya, saya berharap sekali agan2 mau membantu.. terima kasih.

No HP : 085262413011
Pin BB : 22A49ECA

Unknown said...

VGA CARD SAYA COOLER NYA NYALA TAPI PAS DI COLOKIN KO GA ADA KE MONITORNYA , KIRA2 APANYA ? MOHON BANTUANYA

Anonymous said...

Pengalaman pribadi Biasanya kalo masalah cpu hidup tapi tidak muncul bios atau windows , permasalahanya ada pada ram dan battrai bios yg crash, bukan karna harrdisk dan vga card gan , coba agan jumper bios nya dan mencoba menganti ramnya dengan yg lain, biasanya ram ddr 1 ada tipe masing2 , klo masalah krusakan di vga card itu , misalnya gambar bergaris, ngeblank putih atau biru tapi klo pas cpu dihidupkan berjalan baik tapi tidak muncul bios biasanya nge crash di memory dan bios, walaupun tidak pakai harddisk klo ram dan bios gak crash tetap ada tampilan bios, semoga membantu jgn sampai vga kita dituduh yg bukan2 ,karna dia tidak bersalah apa2 , hehe semoga bermanfaat :D

Unknown said...

Mohon maaf sobat-sobat semua, pertanyaan atau keluhan sobat semua ga sempet saya kasih Solusinya.
Saya vakum dulu lumayan lama soalnya.
Oh iya, sudah ketemu semua blum permasalahnya?

Unknown said...

Sekiranya sobat repot untuk cek 1 per 1 agar tahu masalahnya dimana. Baiknya bongkar semua lalu bersihkan debu2 atau kotoran lainnya. Setelah MB, RAM dan VGA Card bersih semua, celupkan ke tiner selama 10-15 detik lalu angkat. Tunggu selama 1 jam baru sobat rakit kembali.
Gunakan tiner yang dipakai untuk nge-cat Mobil.

gob said...

permasalahan yg saya alami sama seperti topik diatas gan, monitor tidak tampil tapi pc saya menyala, soal kipas processor masih menyala dan pasta nya juga masih bagus, begitu juga dengan kipas vga card saya. ram sudah berkali kali saya usap dengan penghapus karet, bahkan dengan karet kuning sekalipun sudah saya gunakan, namun tidak tampil apa" dalam monitor saya, tolong bantuan nya agan. saya sudah 1 bulan pening dengan permasalahan ini, namum pc saya juga masih belum menyala. tolong bantu saya agan :(

gob said...

saya mengalami permasalahan yg sama seperti diatas, pc saya menyala namun tidak tampil pada layar monitor saya apapun. kipas processor saya masih menyala dengan kencang, bahkan processor saya juga masih dipenuhi dengan pasta yg masih banyak. begitu juga dengan vga saya. namun saya sudah coba bersihkan vga card saya dengan menggosok kuningan vga card dengan menggunakan penghapus karet berkali kali bahkan menggunakan karet kuning pun sudah saya gunakan namun hasil nya masih tidak tampil, mohon solusinya agan, saya sudah 1 bulan kewalahan dengan masalah pc saya. saya berharap ada solusi dari agan-agan. :(

Unknown said...

to Bintang Sagala: Jika diMB msih ada speaker kecil dan msih aktive itu berguna untuk mengetahui permasalahan yg agan alami.
1. Cabut RAM llu nyalakan komputer, jika speaker berbunyi beep berkali berati slot ram MB masih aktif.
Singkatnya, untuk memastikan masalhnya diman...coba pinjem RAM n VGA ketemen atau siapa gitu. Kalo dah dpet semua coba ganti 1 persatu dan nyalain CPU-nya. Ganti RAM dulu trus nyalain CPU-nya dah bisa nyala lom? smoga membantu.

Unknown said...

Mas, Gimna solusi monitor masih berfungsi, tapi di saat dinyalain tidak muncul ke layar tapi masih bisa masuk ke program windowsnya, tapi gk bisa msu ke layar, itu knpa ya mas, tolong beri solusi mas,
trima kasih

Belajar Komputer said...

Harus langsung di coba ni.

bagi yang ingin belajar komputer sesuai dengan alur yang benar bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/belajar-komputer.html

Lucky Computer Solution said...

Lucky Computer Solution

Kami melayani jasa service komputer panggilan
langsung pengerjaan di tempat anda (rumah, kantor, toko, warnet,dll ),
pengerjaan hingga selesai di tempat anda

Paket yang kami tawarkan biayanya hanya 150rb sebagai berikut :

#All Service perform PC srperti baru kembali
- Service kerusakan
- Pembersihan Hardware dan Casing
- Penggantian Pasta Procesor dan VGA
- Instalasi Windows dan Driver
- Program kerja, media dan aplikasilainnya
- Game
- Bergaransi

Kami juga melayani jasa rakit, jual beli komputer bekas dari mulai yg murah hingga midle up

Anda bisa hubungi kami ke 081220769974 ( bisa di hubungi via WatsApp )
ID Line : museinvin

atau langsung datang ke toko kami

Di JL BKR sebrang Toko Alifa, ada jalan masuk satu2nya tepatnya JL Terusan Srimahi 1 No 27
lurus saja 100 meter mentok kalo dari jalan raya,
atau bisa d akses melalui google maps dengan pencarian Lucky Computer Solution
google akan segera mengarahkan anda ke lokasi kami
terimakasih #sahabatcerdas

bilawal said...

Service komputer Panggilan

Kami melayani jasa service komputer panggilan
Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
Hub : 081294209696

Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless

Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
Http://www.mataharikomputer.com

Unknown said...

mas mau nanya nih. layar laptop saya tidak muncul tapi mesin nyala. sudah dibersihkan tetep tidak nyala mas. saya mau nanya mas kan saya dirumah ada monitor pc. sma kabel nya. maksud saya bisa ga pake laya monitor pc. jadi gausah pake layar laptop. makasih mas. kalo ente didaerah jakarta pusat. boleh tuh servicein mas.

Unknown said...

kabarin mas kalo bisa nyervisin. atau ngga buat balik lagi seperi bar aja. soalnya banyak file nya. nih no saya mas. 083893131128 / whatsapp

Used PC Supplier said...

Nice Blog Post !

wahyu aditya said...

Mas...klo kita nyalain komputer nah pas di tampilan motherboard langsung mati lagi..mohon bantuannya mass

Lucky Computer Solution said...

Lucky Computer Solution
Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya. Kami melayani service panggilan dengan pengerjaan langsung ditempat hingga permasalahan anda teratasi.
Area Service yang kami tangani yaitu Cimahi dan Bandung.
Konsultasikan permasalahan komputer anda kepada kami, seluruh biaya service panggilan adalah 150rb ( diluar penggantian sparepart ) sudah termasuk biaya transportasi .
No HP/WA : 081220769974
LINE : museinvin



komputer hang | virus | komputer nyala tetapi gambar tidak muncul monitor | komputer laptop sering panas | solusi komputer rusak | komputer bermasalah | tidak masuk ke windows | muncul windows genuin | instal ulang windows | setting bios error | service komputer panggilan cimahi bandung | service komputer bisa di panggil ke rumah | komputer tiba tiba mati sendiri | komputer restart sendiri .

Unknown said...

Gan pc saya nyala, (RAM, HDD, Pwer supply, prosesor masih baru), sudah ganti monitor 3 kali, tpi keterangan di monitor *No Signal/ Power Saving Mode*, udah saya coba pakai VGA card tetep.. Mohon solusi ya..

Unknown said...

Wiiih sangat membantu sekali .. trimakasih master atas solusi nya..

andreas said...

nice infonya gan, utk alat servicenya pakai https://cody.id/produk/blower-infrared/ ini ya gan?

Unknown said...

Komputer saya juga sama gan. Saya pakai monitor lg 20" keterangan check signal cable. Padahal ram,vga ,baterai cmos sudah saya bersih kan. Tapi tidak menggunakann penghapus. Saya menggunakan tissue. Apakah berpengaruh?

Unknown said...

Komputer saya juga sama gan. Saya pakai monitor lg 20" keterangan check signal cable. Padahal ram,vga ,baterai cmos sudah saya bersih kan. Tapi tidak menggunakann penghapus. Saya menggunakan tissue. Apakah berpengaruh?

Unknown said...

Saya udah bersihkan semua tpi monitar tetap ga mau nyala dan di motherboard ga keluar bunyi
Pdhal part" nya masih tergolong baru blm ada sebulan..
Minta saran nya..

Ratih Adzahra said...

Udah coba cara ini dan itu, ubek2 MBAH juga udah, liat yusup juga udah. ttapi masih aja blm ketemu yang pas solusinya, apa jangan2 mainboardnya yah haduh

Yogi darmawan said...
This comment has been removed by the author.
LumaStore.id said...

Pke 19 inch gak tampil. Pke 16 inch tampil. Pc oke (pake vga onboard). Monitor 19 oke. Cirinya saat kabel vga di putus di monitor 19 muncul tampilan samsung.. Pas d colokin malah blank. Solusinya min. Ini kenapa? Apa ke gedean monitornya? Spek vga onboardnya terlalu minim?

Fino said...

Malem bang nmpang tanya...setelah saya bersihkan ram+cpot heatlink(tapi cuma di tiup doang abis itu di pasang lagi heatlink nya)trus di idupin(pc) sempat tampil ke monitor tapi setelah beberapa detik ilang lagi.itu apanya ya?setahu saya vga msih garansi

Edo said...

mohon pencerahan gan,mobo ane g bisa dimatikan,dan g ada bunyi beep?itu bagaimana cara perbaiki nya?

siaran satelit said...

kalau komputernya dinyalain trus beberapa detik langsung mati, dinyalain lagi beberapa detik langsung mati, itu kenapa ya bang ?

Firda Amalia said...
This comment has been removed by the author.