Pages

Thursday 14 March 2013

Jenis-jenis Program Aplikasi Komputer

Program Aplikasi Komputer adalah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Agar operasi system komputer ( seperti Windows ) berfungsi untuk melakukan operasi dasar atau melakukan tugas yang lebih spesifik, maka installasi Program Aplikasi Komputer sangat diharuskan.

Sekarang ini ada begitu banyak aplikasi komputer yang sudah tercipta seiring dengan pesatnya perkembangan tehnologi. Secara garis besarnya, jenis-jenis aplikasi komputer berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut:


Aplikasi Perkantoran/Office: fungsinya untuk menunjang administratif perkantoran. Diantaranya Microsoft Office dan Open Office.

Aplikasi Office sendiri biasanya berupa beberapa aplikasi yang dikemas menjadi satu paket. Aplikasi-aplikasi yang dikemas di dalam paket aplikasi Office dan contoh programnya antara lain :
  1. Aplikasi Pengolah Kata, contohnya Microsoft Word.
  2. Aplikasi Pengolah Angka, contohnya Microsoft Excel.
  3. Aplikasi Pengolah Basis Data, contohnya Microsoft Access.
  4. Aplikasi Pengolah Presentasi, contohnya Microsoft Powerpoint.Aplikasi Grafis: fungsinya untuk mendesain dan mengolah gambar atau foto. Diantaranya yaitu CorelDRAW dan Adobe Photoshop.
Aplikasi Multimedia: fungsinya untuk memutar atau copy /burning file multimedia. Diantaranya Windows Media Player, Winamp, VLC dan Quick Time serta Nero.

Aplikasi Internet/Browser: fungsinya untuk  mengakses beragam layanan internet. Contohnya Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome dan Internet Explorer.

Aplikasi Game: Segala jenis aplikasi permainan

Pada Aplikasi Multimedia, Internet dan Game, diperlukan juga software aplikasi pendukung yang perlu diinstal. agar file multimedia dari browser dan game bisa diberjalan dengan baik. Diantarnya Java, Adobe Flash Player dan DirectX.

Untuk jenis aplikasi yang lainnya, silahkan cari di Mbah Google.

0 comments: