Pages

Sunday 10 March 2013

Amankan Windows Anda dengan Deefreeze

Sebagai pengguna komputer, sering kita menghadapi bermacam-macam ancaman dari berbagai macam virus, malware dan segala macam gangguan pada system PC terutama pada OS Windows. Atau mungkin PC / Laptop anda sering digunakan oleh anak / saudara Anda atau oranglain yang tidak paham dengan baik cara menggunakannya.

Sedikit saja kesalahan entah virus, malware yang tertular dari browsing internet atau flashdisk yang bervirus dan mungkin human error sperti menghapus file OS tanpa sengaja, hal itu dapat menyebabkan system PC / Laptop anda bermasalah bahkan mungkin tidak dapat beroperasi seperti biasa. Hal ini pasti akan merepotkan dan menyita banyak waktu anda karena harus Instal ulang dsb. Agar hal tersebut tidak terjadi kepada PC anda, salah satu trik-nya adalah dengan menggunakan Deep Freeze.

Deep Freeze adalah software dari Faronics , software ini digunakan untuk membekukan atau bisa dikatakan membuat system pada Drive harddisk anda tetap seperti semula saat anda bekukan.

Software ini digunakan untuk menjaga system pada PC / Komputer anda dari virus, malware, ataupun human error, karena setiap perubahan data pada drive yang telah di Deep Frezee akan kembali seperti semula. Deep Freeze biasanya diaktifkan pada drive yang terdapat OS di dalam nya. Pastikan Harddisk anda di partisi sebelumnya.

"System Restore and Recovery Software", sehingga software ini sering digunakan di warnet dan perkantoran.

Fungsi dari Deep Freeze :
  1. Menjaga system pada harddisk tetap seperti pada keadaan semula setiap kali anda restart komputer..
  2. Mengurangi kemungkinan terserang virus, malware hingga human error. Apabila PC anda terserang Virus / malware pada saat Deep Freeze sedang di aktifkan, restart PC anda dan semua akan kembali seperti semula.
  3. Mengurangi waktu dan biaya untuk maintenance, karena setiap terjadi error Anda tidak perlu repot-repot meng-Install ulang program. Pastikan program-program apa saja yang ingin anda install sebelum Deep Freeze diaktifkan.

Kelemahan Deep Freeze :
  • Drive pada harddisk yang di bekukan atau di Deep Freeze akan selalu kembali seperti semula saat di Deep Freeze, hal ini membuat semua perubahan data seperti install program, uninstall program, penambahan data, penghapusan data tidak akan terlaksana setelah PC di reboot / restart. Hal ini berlaku juga untuk data outlook ( karena default data outlook biasa di drive C / system OS) dan semua database yang ada di drive C.
  • Membutuhkan waktu extra dalam Install / uninstall program , update anti virus, penambahan printer dan segala penambahan pada drive yang di Deep Freeze. Karena harus menonaktifkan Deep Freeze terlebih dahulu, lalu menambah data yang diinginkan, dan restart kembali (2x reboot PC).
  • Apabila sudah terdapat virus / malware atau ancaman system lainnya sebelum Deep Frezee di aktifkan, anda harus menghilangkan virus / malware tersebut pada saat Deep Freeze tidak di aktifkan, jika tidak, virus/malware itu akan muncul terus setiap anda restart. ( Tidak apalah repot sekali dari pada repot terus-terusan karena tidak Deepfreeze)

Langkah-langkah Install Deppfreeze sebagai berikut:
Berikut ini saya posting cara instal  deepfreeze diWindows.
Silahkan download dulu file Deepfreeze-nyadi SINI berikut satu paket dengan serial SN nya dan Undeepfreeze-nya. Passwordnya:123
Langkah langkah installasi sebagai berikut ini.

Extark file Deepfreeze yang sudah didowload tadi
Lalu Klik 2x pada file exe deepfreeze yang bernama "DFStd"

 Klik next

  • Beri tanda pada I accept term ( perjanjian licensi ) klik next

  •  Masukan serial key yang terdapat dalam folder deepfreeze.
  •  Pilih folder yang akan di proteksi c , d atau mau keduannya klik next.( Saran saya drive C  saja yang di proteksi
  •  Pilih install dan tunggu sampai proses selesai.
  • Setelah selesai, set passwordnya agar aman.Caranya tekan dan tahan tombol "Shift" lalu klik 2x icon "beruang" di pojok kanan, klik "ok" tanpa password.
  • Klik "Pasword" dan masukan password anda,klik "ok" atau,klik "aplly and reboot", bedanya jika klik ok komputer tidak langsung restart., jika pilih "aplly and reboot" maka PC akan Restart otomatis.

Selesai sudah proses Installasinya, semoga bermanfaat...

0 comments: