Pages

Thursday 28 June 2012

Cara cloning hardisk via flash disk


Ketika OS Window kita rusak karena virus atau hal lain, maka yang sangat menyebalkan adalah kita harus instal ulang. Untuk instal windowsnya saja butuh waktu hampir 1 jam, belum program atau aplikasi-aplikasi tambahan lain.
Untuk mengatasi itu semua ada salah satu alternatif yang dapat kita lakukan agar proses instal ulang menjadi lebih cepat yaitu dengan membuat file image atau mem-backup partisi Windows kita pada saat pertama kali selesai meng-install Windows dan program tambahan lain yang selau dibutuhkan. Dan jika komputer anda bermasalah, anda tinggal menggunakan file image tersebut untuk mengembalikan Windows seperti semula.

Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan program Ghost dari Norton melalui bootable flashdisk. Oleh karena itu sebelum kita mulai, siapkan sebuah flashdisk berukuran minimal 128 MB untuk media boot dan program Ghost itu sendiri. Silahkan download 
terlebih dahulu file-file yang dibutuhkan
- Download file nya DISINI (nama filenya UFD Bootable)
- Ekstrak file yang sudah Anda download. Di dalamnya terdapat file "HPUSBFW.exe" , folder"Aplikasi Ghost" dan WINME (alias Windows Millenium)
- Dobel klik " HPUSBFW.exe". Program ini untuk mem-format flashdisk dan membuatnya menjadi bootable.


- Pilih drive flashdisk anda, gunakan file system FAT32, dan pilih "Create a DOS Bootable Disk". Klik "Browse" dan cari folder "WINME" yang anda ekstrak tadi lalu klik "Start". Tunggu beberapa saat hingga proses instalnya selesai lalu klik "OK"
- Setelah selesai, copy file yang bernam "G" atau "GHOST"
 dari folder "Aplikasi Ghost" ke dalam  flashdisk anda. Jika ada pertanyaan untuk menimpa file yang lama, pilih saja "Yes".

- Selanjutnya kita akan mem-booting komputer yang akan di Ghost.
- Jika anda mengerti cara setting BIOS untuk boot ke flashdisk, silahkan di set terlebih dahulu.
- Bagi anda yang tidak tahu caranya, silahkan colok flashdisk anda ke komputer. Nyalakan komputer sambil terus - menerus menekan tombol F8 ( "Boot Menu Option" berbeda-beda tergantung Mobo-nya) sampai muncul pilihan untuk booting. Pilih boot-nya dari flashdisk anda.  ---Jika suda berhasil akan muncul layar warna hitam, ketik "G" atau "GHOST" ( tadi yang dicopy dari folder aplikasi ghost itu "G"/"GHOST")

Cara Cloning / Backup
Gambar Langka-langkah cloning dibawah ini adalah pilihan/opsi "Local", "Disk", lalu "To Disk" untuk cloning seluruh partisi harddisk
1. Setelah muncu gambar dibawah ini tekan "Enter" 

2.  Pilih Local > Disk > to Disk

3. Pilih Hardisk Masternya lalu tekan "Enter"

4. Pilih Destination atau Harddisk yang akan ditimpa oleh Harddisk Master lalu tekan "Enter"
 

5. Setelah muncul gambar seperti dibawah ini tekan "Enter"

6. Pilih"Continue" jika proses cloning 100% seperti gambar dibawah ini, lalu tekan tombol "Alt+Q"
(all image copas dari "google")

7. Langsung tekan tombol "Power CPU" hingga komputer mati.

NB: Untuk menghindari kesalahan cloning, ubahlah nama Drive C harddisk master agar Anda membedakan mana Harddisk Master dan Harddisk Slave

Apabila Anda ingin  untuk membuat file backup atau image dari partisi , maka ubahlah ke opsi "Local", "Partition", lalu "To Image"  .

Ini dulu aja ya... pegel leher liatin monitor terus...

8 comments:

Mang uem said...

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

Husni said...

thank infonya..
mau nanya bisakah file backup/image disimpan ke flashdisk ?

Ely Kusuma N Tyas said...

bagus .. makasi ya belajarnya

Unknown said...

to Husni "Bisa, itu malah akan lebih aman. Bila kompuer rusak OS-nya bisa di Clone dg file image yg ada di Flashdisk tersebut.
Terimakasih.

918kiss hack said...

Spot on with this article, I really 918kiss think this website needs more attention.  I'll probably be back to read more, thanks for the info.

Shikamaru Nara said...

nice information gan
solder infrared

Scr888 Malaysia said...

hanks 918kiss for sharing 918 kiss your thoughts 918kiss Malaysia with us.. they are really 918kiss free creditinteresting.. I would like to read 918kiss online more from you.

Evie Lister said...

Thanks for taking the time to discuss that, I really feel strongly about it and love learning more on that topic. If live22 malaysia achievable, as you gain competence, would you mind updating your blog with more information? It is highly helpful for me.