Pages

Thursday 28 June 2012

Cara Backup Data komputer Blue Screen

Untuk kali ini saya akan berbagi tentang OS windows XP mini, di sebut mini karena ukurannya tak lebih dari 37 mb, nah windows xp mini ini sendiri bisa anda gunakan sebagai media install ulang laptop/komputer atau hanya sekedar untuk mengambil data-data di komputer yang OS aslinya mati, karena terkadang komputer/laptop yang OS Windowsnya sudah corupt alias Blue Screen tidak dapat diatasi dengan opsi Safe Mode dll. Cara ini kemungkinan besar tidak akan berhasil jika Blue Screen-nya disebabkan Harddisk yang rusak. Artinya harddisk PC tidak bisa diakses, pastinya file data juga tidak bisa dibackup.

1. Untuk menginstall windows xp mini anda hanya memerlukan sebuah flashdisk yang berukuran minimal  128 mb, kemudian download windows xp mini di bawah ini :
  • Via 4Shared : SINI
  • Via MediaFire : SINI
2. Extract filenya dalam satu folder
3. Jalanin File Ghost32-nya, terus pilih "Local-> Disk-> From Image"
4. Terus pilih file bernama minixp2.gho
5. Pilih destination/target Flashdisk dan ikuti langkah-langkah selanjutnya yang diperintahkan
6. Pilih Yes, dan tunggu hingga proses selesai dan akhirnya Flashdisk siap digunakan untuk proses booting di  kompi or Laptop.

Sekarang colok Flashdisk tersebut ke Komputer lalu Restart, Tekan tombol Boot Menu ( F8,F10, F11,F12, dll tergantung jenis Motherboardnya). 

Jika sudah masuk ke Boot Menu, pilihlah "USB Drive/Removable Device" lalu tekan Enter

Tunggulah beberapa saat hingga OS Window minixp-nya tampil. Jika sudah tampil, waktunya backup data.

Siapkan Flashdisk yang spacenya cukup untuk menampung data yang akan dibackup, atau gunakan Harddisk Eksternal jika data berukuran puluhan GB. Colokin Flashdisk atau Harddisk Eksternal ke PC lalu cari file data yang akan dibackup, kalau sudah ketemu langsung copy lalu paste ke Flashdisk atau Harddisk Eksternal.                    

Sambil nunggu meng-copy data selesai, alangkah baiknya Sobat ngopy-ngopy dulu diwarung sebelah. Siapa tau aja pelayan warung ada yang BENING, lumayan buat cuci mata hehehe...

Semoga membantu.

4 comments:

dirga said...

Ghost XP mini bila digabung dengan ghost yang di post anda tentang "cara memperbaiki hardisk yang rusak dengan cloning" apa tidak apa"?

Unknown said...

To Dirga: Bisa saja, tapi flashdisk tersebut menjadi 2 fungsi. Defaultnya sbgi MiniXP. Jika untuk clone anda harus memilih nama file ghost sperti tutorial diatas. Flashdisk itu juga bisa dipakai untuk menyimpan file apa saja.

agen seo said...

coba ya

yayay said...

Kalo pake hardisk eksternal bisa gak?