Pages

Thursday 12 July 2012

Trik jitu atasi penularan virus

Jika hard disk secara keseluruhan terkena virus, copot hard disk tersebut dan pasang dikomputer teman anda yang aman dari virus dan sudah terinstall anti virus dengan update terbaru. Lakukan scaning dengan antivirus, setelah scanning selesai dan virus habis terbasmi, install ulang windows anda.
Setelah install ulang OS Windows selesai, kemudian install program atau aplikasi yang diperlukan, dan jangan lupa untuk setting penyimpanan My document pada partisi lain selain c:(default instalasi windows). Setelah selesai semua, pasang senjata ampuhnya yaitu install deep freeze 5.0 atau deep freeze versi terbaru. Deep freeze merupakan software ampuh untuk mengembalikan (restore) setiap kali restart.
Downlod deep freezenya disini


Tips pencegahan virus melalui Flash Disk :

  1. Tancapkan FlashDisk sambil menekan tombol Shift agar autorun untuk tidak berjalan otomatis2. Buka Command Prompt (ketik cmd di Run)
  2. Masuk mode command prompt ketik E:(seumpama drive FDnya terbaca sebagai drive "e" dikomputer)
  3. ketik e:\attrib -s -h -r *.* /s /d —>fungsinya utk membuka secara paksa attribut superhidden, dan read only dalam folder maupun subfolder FD tersebut.
  4. ketik E:\del *.exe /s —>menghapus files dng extension exe didalam folder dan sub folder.
Langkah selanjutnya, matikan Fitur Turn off Autoplay pada Group Police pada komputer agar komputer tidak mudah terkena virus dari Flashdisk yang sudah terinfeksi virus. Berikut langkah-langkahnya;
  • Untuk masuk ke menu Group Ploice; caranya klik Start menu - pilih Run - lalu ketik gpedit.msc - Tekan Enter.
  • Setelah masuk ke Group Police , klik menu Computer Configuration - klik Administrative Templates - pilih dan klik System lalu cari menu Turn off Autoplay dan klik 2x menu Turn of Autoplay – pindahkan check List pada menu Enabled – Pilih All Drive - klik Aply terus klik lagi menu OK.
  • Selanjutnya masih dalam Group Police,  kllik menu User Configuration  - klik Administrative Templates - pilih dan klik System lalu cari menu Turn off Autoplay – pindahkan check List pada menu Enabled – Pilih All Drive - klik Aply terus klik lagi menu OK.
Dengan mematikan Fitur ini, komputer tidak mudah tertularvirus dari media Luar sepeti Flashdisk dll.


Kalau masih takut flashdisk Anda terkena virus lagi, gunakan software berikut ini:
  • Gunakan program imunizer flashdisk, Program imunizer flashdisk lumayan banyak, diantaranya BitDefender Immunizer atau Panda USB Vaccine yang dapat didownload secara gratis. Kedua aplikasi ini akan melindungi komputer maupun flashdisk dari penularan virus. Caranya yaitu menonaktifkan autorun di komputer, sekaligus melindungi file autorun.inf dari modifikasi si pembuat virus. 
Cara menggunakannya mudah. Jalankan aplikasi tersebut, lalu mereka akan mendeteksi apakah fasilitas autorun di komputer Anda aktif. Jika iya, aplikasi tersebut akan menawarkan Anda untuk mematikan fasilitas tersebut (dan sebaiknya Anda lakukan). Setelah itu, Anda tinggal imunisasi flashdisk yang hendak Anda lindungi. Pilih flashdisk dari menu yang ada, lalu tekan Immunize atau Vaccine. Sesaat kemudian, file autorun.inf di flashdisk Anda akan diganti dengan yang baru dan kebal penularan. Dengan cara ini flasdiks anda tidak akan mudah tertular virus begitu juga dengan komputer anda. File-file penting anda di falsdiskpun akan terlindungi secara aman.


"Selamat Mencoba"

0 comments: