Pages

Sunday 24 March 2013

Cara Kunci Folder Tanpa Software

File atau Data penting yang tersimpan dalam komputer dan tidak untuk diakses oleh orang lain perlu dijaga kerahasiaanya, sehingga file atau data tersebut tidak bisa dibuka maupun dihapus. File atau data yang penting harus kita kunci demi terjaganya privasi kita. Saat ini banyak software pengunci folder, namun tanpa menggunakan softwarepun kita bisa membuat folder terkunci. Caranya menggunakan perintah Console yang ada diWindows yaitu melalui Command Prompt
Untuk mengunci folder kita akan menggunakan perintah "CACLs" yang terdapat pada Command Prompt.
CACLs ( Command access control lists ) merupakan perintah daftar kontrol akses sebuah file.

Contohnya kita akan mengunci folder bernama "Rahasia" yang tersimpan di drive D:\Dokumen\Rahasia


Cara mengunci folder tersebut yaitu buka  Command Prompt, klik Start > Run > ketik "cmd" lalu klik OK. Setelah Command Prompt terbuka, ikuti langkah berikut:


Sekarang kita coba membuka atau menghapus folder "Rahasia",  pastinya setiap akan dibuka atau dihapus selalu keluar pesan "Access is denied" karena foldernya sudah terkunci.

Keterangan Perintah:
CD            : Perintah pindah direktori/pindah folder
NOVIKA  : Nama registration owner saat install windows


Untuk membuka folder Rahasia yang sudah terkunci, buka kembali Command Prompt lalu ketikan perintah berikut:


Jika berhasil, maka folder "Rahasia" bisa diakses kembali.

Semoga trik ini bermanfaat...

4 comments:

Agus Saputra said...

infonya mantap sobat ..

spacenet said...

Terima kasih artikel nya. Sudah saya coba sesuai petunjuk dan meskipun ada beberapa kesalahan dalam mengikuti panduan, akhirnya saya berhasil juga menyembunyikan suatu folder. Yang menjadi masalah adalah ketika saya berusaha membuka nya kembali sampai sekarang belum berhasil, padahal semua petunjuk sudah saya ikuti, sudah Yes juga, ketika saya buka tetep tidak bisa dibuka kembali foldernya. Mohon sangat petunjuk nya Gan. Thanks.

Unknown said...

spacenet..."Drive tempat penyimpanan folder yang terkunci tersebut masih tetep di Drive saat mengunci folder atau sudah beda? sudah saya coba berkali2 tidak ada masalah gan dengan tutorial tersebut. Coba agan ikuti tutorial dengan lebih teliti.. kalo sekirannya masih tidak bisa, agan search diblog lain.

tyo said...

Mantaf, bermanfoat banget